Cara install dan konfigurasi SSH di debian 7

Cara instal dan konfigurasi SSH di debian 7 – Hallo sobat Wahid Emalution, Seperti yang kita tahu untuk akses sebuah server Linux dapat dilakukan melalui SSH atau Secure Shell, dan Pada kesempatan kali ini Saya akan memberi tutorial bagaimana cara install dan konfigurasi SSH di Debian.

[toc]

Pada tutorial kali ini Emalution masih menggunakan Debian Versi 7 yang di install di VirtualBox. Sebelum berlanjut ke ttutorialnya, emalution ingin menjelasakan dahulu secara singkat apa itu SSH.

Pengertian SSH

Secure Shell atau yang biasa disebut dengan SSH merupakan sebuah Protokol yang digunakan untuk melakukan remote atau berkomunikasi dengan perangkat lain secara aman. Sesuai dengan namanya, SSH merupakan koneksi aman, jadi koneksi SSH akan terenkripsi. SSH menggunakan Port 22.

Cara Install dan Konfigurasi SSH di Debian

Oke, setelah mengetahui penjelasan mengenai SSH, sekarang kita lanjut ke tahapan Instalasi dan Konfigurasi SSH nya.

  1. Karena pada tutorial ini emalution menggunakan VirtualBox, hal pertama yang dilakukan adalah setting adapter VM pada VirtualBox menjadi Host Only Adapter seperti gambar berikut,
\"\"

Install dan Konfigurasi SSH di Debian

  1. Langkah awal adalah menginstal ssh nya. untuk menginstal menggunakan perintah \”apt-get install ssh\” lalu enter dan akan muncul informasi detail instalasi SSH nya. Silahkan ditunggu prosesnya, dan jika ada tulisan \”do you want to continue [y/n]?\” silahkan ketik \”y\” lalu enter.
\"\"

2. Selanjutnya, jika pada saat proses instalasi muncul notifikasi dan diminta memasukkan Disk debian, silahkan kamu masukkan CD debiannya dengan cara klik logo Disk pada bagian bawah VirtualBox > Choose disk Image > Pilih Disk Debian > tekan enter.

Jika sudah memasukkan Disk nya, nanti proses iinstalasi SSH nya akan berlanjut, jadi tunggu saja sampai selesai.

\"\"

3. Jika sudah selesai menginstal ssh nya sekarang lanjut untuk mengatur Ip pada debiannya, untuk mengatur ip nya bisa dengan menjalankan \”nano /etc/network/interfaces\” lalu enter.

\"\"

4. Setelah itu silahkan kamu sesuaikan setting IP address Linux nya sesuai kebutuhan atau kamu bisa samakan dengan gambar berikut.

Kalau sudah selesai setting IP pada Debiannya, untuk save bisa dengan cara tekan CTRL + X lalu tekan Enter.

\"\"

5. Setelah selesai setting IP address pada Linux, jangan lupa untuk melakukan restart network nya agar IP nya berubah. Untuk restart network di debian bisa dengan cara menjalankan perintah,

/etc/init.d/networking restart
\"\"

6. Setelah restart network Debiannya, untuk memastikan kalau IP pada linux sudah berubah atau belum bisa dengan menjalankan perintah ifconfig

\"\"

Konfigurasi Host Windows

  1. Setelah selesai install dan konfigurasi SSH di debian, selanjutnya kita sesuaikan setting pada Host Windows nya. Silahkan kamu setting IP pada Interface VirtualBox Host-Only Network menjadi satu network dengan IP di Linuxnya seperti gambar berikut,
\"\"

2. Untuk memastikan bahwa Host Windows dan Debian sudah terhubung, kamu bisa coba Ping ke IP Linux Debiannya melalui CMD, jika sudah terhubung maka hasilnya akan reply seperti gambar berikut,

\"\"

Koneksi SSH dari Putty

Setelah selesai install SSH di debian, menyesuaikan IP di Windows. Selanjutnya kita bisa melakukan koneksi ke SSH melalui Putty. Silahkan kamu buka aplikasi Putty, isi Host Name dengan IP Linux dan Port 22 seperti gambar berikut

\"\"

Jika sudah, nanti hasil koneksi SSH dari Putty nya akan seperti gambar berikut. Sampai sini sudah selesai dan kamu sukses setting koneksi SSH di Debian.

\"\"

Demikian tutorial Cara instal dan konfigurasi SSH di debian 7, selamat mencoba dan semoga berhasil. Kalau kamu ada pertanyaan mengenai tutorial ini bisa komentar di bawah ya.

Leave a Comment