Jenis-jenis port jaringan dan fungsinya

Jenis-jenis port jaringan dan fungsinya – Hello! Pada kesempatan kali ini Emalution akan membahas mengenai Jenis-jenis port dan fungsinya, jika mendengar kata Port. Pasti yang terlintas di pikiran itu adalah socket atau \”lubang\” yang berguna untuk menghubungkan kabel ke perangkat tertentu, sebagai contoh menghubungkan Laptop ke sebuah Switch, dan sebagainya.
Port sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu Port Fisik dan Port Logic. Berikut penjelasannya,

Port Fisik

Dari namanya saja mungkin Anda sudah dapat menebak kalau Port Fisik itu port yang bisa dirasakan atau lebih tepatnya dapat dipegang. Ya memang itu pengertian dari Port Fisik. Adapun fungsi utama port ini pun untuk menghubungkan beberapa komponen yang nyata secara fisik.

Port Logic

Selanjutnya, kalau port yang satu ini merupakan port yang tidak dapat dilihat secara fisik, dan juga yang tidak bisa sentuh, tetapi fungsi port yang satu ini pun sama, yaitu untuk saling menghubungkan beberapa perangkat protocol maupun media lainnya.

Setelah mengetahui pengertian dari Port Fisik dan Port Logic, Emalution juga akan memberikan contoh port Logic dan juga beserta penjelasannya dari tiap-tiap port. Berikut listnya,

PortFungsi Port
21Port 21 digunakan untuk melakukan koneksi ke FTP Server, mungkin Anda sudah mengetahui apa itu FTP, FTP kependekan dari File Transmission Protocol. FTP biasa berfungsi untuk berbagi file.
22Port 22 ini biasa digunakan untuk mengkoneksikan SSH atau Secure Shell pada jaringan komputer.
23Port yang selanjutnya biasa disebut dengan port telnet, hmm kenapa bisa disebut port telnet? yap jawabannya karena port ini yang membantu setiap komputer dapat saling terhubung menggunakan telnet.
25Selanjutnya port 25, port ini sangat berperan penting dalam pengiriman email, karen port ini berfungsi sebagai yang membangun network atau jaringan yang menggunakan protocol SMTP ,SMTP yang merupakan salah satu protocol yang digunakan untuk berkirim email antar jaringan.
2525Sebenarnya port 2525 ini sebagai alternatif dari port 25, yang fungsinya pun sama menghubungan komputer atau client yang akan saling berkirim pesan.
443Port 443, yaitu port yang biasa digunakan untuk menjalankan sebuah server/koneksi yang aman, Mungkin bagi Anda yang pengguna SSH untuk \”Gratisan\” pasti sudah tidak asing lagi dengan port ini.
445selanjutnya Port 445, Port ini biasa atau banyak digunakan untuk melakukan file sharing, dan juga dapat digunakan untuk sharing printer dsb, namun kekurangan port ini mudah diserang virus atau malware, sehingga tidak disarankan untuk menggunakan port ini.
3389Port Selanjutnya yaitu Port logic 3389, Port ini dikhususkan untuk menjalankan Remote Desktop.
3306Port 3306, Port ini biasa digunakan oleh programmer untuk melakukan proses manajemen Database, atau remote Database.
80Port 80 Merupakan Port yang banyak digunakan untuk mengkoneksikan web server.
81Port 81 sebenarnya port alternatif untuk port 80, yang berfungsi untuk menghubungkan web server.
1080Port 1080 merupakan port Proxy Server, bagi kalian yang suka menggunakan proxy server pasti sudah tidak asing lagi dengan port ini.
119Port ini berperan sebagai mengakses/Membangun jaringan yang terhubung dengan NNTP server.
5631Port 5631 ini digunakan untuk menghubungkan dengan PC anywhere.
389Selanjutnya yaitu Port logic 389 , Port ini Merupakan Port yang melayani LDAP, LDAP merupakan sebuah protocol yang banyak digunakan untuk melakukan akses terhadap direktori atau nama, serta telepon dan juga alamat.
79Port 79 adalah port Finger, yang digunakan untuk memberi tau informasi tentang sistem dan Login pengguna.

Demikian Penjelasan Jenis-jenis port jaringan dan fungsinya. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai post ini. Anda dapat menghubungi saya melalui Form Contact yang sudah di sediakan.

Leave a Comment