Perbedaan Windows Server 2012 R2 Standard dan Datacenter

Perbedaan Windows Server 2012 R2 Standard dan Datacenter – Sebelumnya Emalution sudah membahas mengenai cara Instalasi Windows server 2012 R2. Pada proses instalasi tersebut terdapat beberapa pilihan Windows server seperti

[toc]

  • Server Core Installation Standard
  • Server code installation Datacenter
  • Server with a GUI Standard
  • Server with a GUI Datacenter

Berikut contoh nya,

berbagai versi windows server

Nah, pada kesempatan kali ini Emalution akan membahas perbedaan Windows server 2012 R2 Standard dan Datacenter.

Perbedaan Windows Server Standard dan Datacenter

Berikut adalah detail perbedaannya,

Segi Tampilan

Yang pertama akan kita bahas adalah perbedaan dari sisi segi tampilan. Pada saat instalasi Windows server akan terdapat pilihan antara Core dan GUI. Sebenarnya perbedaan dari sisi tampilan versi standard dan datacenter itu tidak ada, dan sama saja.

Core

Untuk tampilan Core hanya akan seperti window CMD dan berisi perintah Sconfig seperti gambar berikut,

tampilan windows serverr core

GUI

Selanjutnya adalah versi GUI, pada versi ini windows server memiliki interfacenya. Jadi untuk melakukan manage server bisa dilakukan dengan memilih menu-menu yang tersedia, bukan dari perintah seperti di versi Core.

tampilan gui windows server

Virtualization

Selanjutnya adalah pada Virtualizationnya, pada versi standard memiliki keterbatasan dibagian Virtualization, jika di Versi standar dibatasi hanya 2VMs saja, sedangkan untuk Datacenter mendapatkan Unlimited. Sehingga jika penggunaan dalam skala Besar disarankan menggunakan yang versi Datacenter. Detailnya dapat didlihat di gambar berikut,

perbedaan virtualization windows server

Penggunaan Resource

Selanjutnya adalah perbedaan dari sisi penggunaan Resourcenya. Berikut adalah detailnya,

GUI

Pertama adalah pada versi GUI. Untuk versi GUI penggunaan CPU dan Memory masih standar dan tidak ada perbedaan antara versi Standar dan Datacenter.

Penggunaan dapat berbeda tergantung dari proses yang sedang perjalan pada server

penggunaan windows server GUI

Core

Selanjutnya adalah versi core, secara default penggunaan pada versi Core cukup kecil karena memang tidak membutuhkan fungsi grafik nya, sehingga lebih ringan.

penggunaan windows server core

Kesimpulan

Untuk kesimpulan antara standar dan datacenter gui maupun core adalah ke2 ini memiliki keunggulan nya masing-masing, tinggal disesuaikan penggunaan nya, dan untuk fitur memang diunggulkan kepada datacenter, karena memang datacenter di khususkan untuk perusahaan besar yang membutuhkan daya tampung yang lebih besar.

Itu dia penjelasan mengenai Perbedaan Windows Server 2012 R2 Standard dan Datacenter, semoga bermanfaat. Jika kamu ada pertanyaan mengenai artikel ini bisa komen dari kolom dibawah.

Leave a Comment