Pengertian Flowchart dan contohnya

Pengertian Flowchart dan contohnya – Hai, Akhirnya saya bisa posting lagi hehe, Oke sekarang saya akan posting tentang \”Pengertian Flowchart dan contohnya\”. Yap seperti dijudulnya, Pasti sebagian dari kalian sudah mengetahui apa itu flowchart. Bagi yang belum tau disini saya akan menjelaskannya.

Pengertian FlowChart

Flowchart atau bagan alir adalah Skema/bagan(Chart) yang menunjukkan aliran di dalam suatu program secara logika.

Contoh Simbol pada FlowChart

didalam flowchart terdapat bebereapa symbol yang memiliki maksud dan fungsinya masing-masing. Berikut Contoh symbol dan fungsi dari setiap simbolnya,

1.TerminatorTerminator yang berarti digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatu algoritma.
2.ProcessProcess yang digunakan untuk mewakili suatu proses.
3.Input/Otput (Data)Input/Output yang digunakan untuk mewakili data input atau output ,atau menyatakan operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.
4.DecisionDecision yang digunakan untuk suatu pemulihan,penyelleksian kondisi di dalam suatu program.
5.PreparationPreparation yang digunakan untuk memberi nilai awal, nilai akhir,Penambahan/pengurangan bagi suatu variabel Counter.
6.Predefined ProcessPredefined Process yang digunakan untuk menunjukkan suatu operasi yang rinciannya ditunjukkan di tempat lain (Prosedur, Sub-prosedur, Fungsi)
7.ConnectorConnector yang digunakan untuk menunjukkan sambungan dari flowchart yang terputus dihalaman yang sama atau halaman berikut.
8.–>ArrowArrow yang digunakan untuk menunjukkan arus data atau aliran data dari proses satu ke proses lainnya.

Itu dia penjelasan mengenai Flowchart dan juga arti pada setiap simbol di flowchart, semoga bermanfaat. Tunggu artikel dan tutorial lainnya dari Wahid Emalution.

Leave a Comment